Pengikut

BERITA KPU

SORTIR DAN PELIPATAN SURAT SUARA KPU KUBAR

Setelah berjalan selama lima hari akhirnya penyortiran dan pelipatan surat suara selesai juga. Surat suara yang tiba dikutai barat Minggu 8 maret 2009 lalu disortir dan dilipat oleh 300 orang yang diambil dari berbagai kalangan masyarakat seperti Kesbang dan Linmas, Gereja, Poltek Sendawar, Smk Purnama, Pramuka, PSG KPU, Serta Masyarakat Non Politik yang ada di Sekitar Barong Tongkok.
Surat suara yang di lipat totalnya berjumlah 482.183 lembar. Surat suara DPR, DPD, dan DPRD Profinsi masing-masing berjumlah 119.824 lembar sedangkan untuk DPRD kabupaten/kota untuk daerah pilihan satu berjumlah 31000 lembar, daerah pilihan dua berjumlah 34.644 lembar, serta daerah pilihan tiga berjumlah 57.067 lembar,
Pada saat pelipatan banyak ditemukan kesulitan-kesulitan, seperti surat suara yang rusak dengan kategori seperti titik merah atau hitam pada nama/nomor caleg dan nomor partai, sobek, warna partai buram, dan surat suara kotor. Dari hasil sortir dan pelipatan surat suara untuk DPD ditemukan 13.688 lembar surat suara rusak, DPRD Kabupaten/Kota yang terdiri dari tiga derah pilihan, daerah pilihan satu surat suara rusak berjumlah 92 lembar, daerah pilihan dua berjumlah 2.938 lembar, dan derah pilihan tiga berjumlah 1.909 lembar.
Sehubungan dengan hal tersebut, berarti kutai barat kekurangan surat suara untuk DPD sebanyak 13.688 lembar, sedangkan untuk DPRD kab/kota dapil satu, dua, dan tiga berjumlah 3.601 lembar.


Drs. F.X Irianto menegaskan “Untuk mengatasi kerusakan surat suara tersebut KPU segera melaporkan agar surat suara yang rusak segera diganti dan dikirimkan kembali ke KPU Kutai Barat dalam waktu yang singkat, dan surat suara yang rusak nantinya akan dimusnahkan”. Surat suara ini nanti akan dikirim ke masing-masing TPS yang ada di Kutai Barat. (MC)

0 komentar: